Google

3/29/2008

Sukses dari Internet

Meroketnya perkembangan internet saat ini terutama di indonesia, sangat mempengaruhi perputaran diberbagai bidang, terutama berkembangnya bisnis melalui internet (e-business).
Telah banyak didunia ini orang-orang yang berhasil memperoleh income yang besar dari internet atau e-business ini salah satu contohnya Michael Dell pemilik Dell.com, awal mulanya Dell berjualan komputer melalui internet. Sebenarnya ide om Dell ini sudah dilakukan oleh orang indonesia.. lalu apa bedanya ?? ide om Dell ini adalah menjual komputer yang komponennya bisa dipilih sendiri oleh pembelinya....alias rakitan.. nah lo apa bedanya ama di negeri kita ??? pedagang komputer kita dari "zaman batu" sudah menawarkan komputer rakitan di Mangga Dua mo ngerakit komputer model apa aja ada..apa bedanya sama mister Dell ?
Ada perbedaan yang membedakan pedagang komputer indonesia ama Michael Dell, pedagang di Indonesia menjualnya di Mangga dua dan Glodok, sedangkan Michael Dell menjualnya di Internet.... Keduanya sama-sama laku. Mangga dua dan glodok merupakan sentra komputer terlengkap dan terkenal di tanah air. Namun kalo dilihat dari skala konsumennya.... Mangga dua dan glodok skalanya sebesar indonesia atau jakarta dan sekitarnya...sedangkan Michael Dell skala konsumennya seluruh dunia minimal se Amerika .. terus daya beli masyarakatnya yang berlipat-lipat tingkatnya ...jadi bisa dibayangkan pula omsetnya.. Terus hal lain kalo mau beli komputer dari luar jakarta, misalnya garut. kita harus telepon interlokal kemudian transfer (dengan was-was) dan tunggu 3-4 hari buat tunggu barang nyampe ditambah biaya ongkos kirim barang via travel.. kalo rusak dikirim lagi ke jakarta tunggu beberapa hari bayar ongkos kirim lagi (cape deeh). Sedangkan di Dell.Com jika orang amerika ingin beli komputer tinggal masuk ke situs Dell.com, merakit komputer dengan pilihan yang disediakan bayar pake kartu kredit lalu tunggu barang datang dalam waktu maksimal 2 hari, kalo telat akan ada kompensasi biasanya berupa bonus, discount, dsb jika komputer rusak dalam masa garansi akan di ganti paling tidak diperbaiki tanpa dikenakan biaya apapun ongkos kirim pun ditanggung Dell.. ngerti bedanya kan ? so the point is skala yang luas ama kepuasan pelanggan...(sering denger tapi jarang ngerasain..).
Kisah internet bisnis lainnya adalah mengenai OnlineSuits.com situs ini dimiliki oleh orang Thailand, mereka menyediakan baju kerja, jas, jaket, blazer ke seluruh dunia. Barang2 yang disediakan adalah barang pesanan khusus artinya kalo kita pesen baju atau blazer ke situs ini kita akan diukur layaknya datang kepenjahit langganan kita lewat internet tentunya.. dan kalo kita membatalkan pemesanan semelum 48 jam sejak order melalui online maka pesanan akan dibatalkan tanpa biaya apapun, kalo kita membatalkan pemesanan setelah 48 jam namun barang belom dikirim maka uang kita dikembalikan 50% dari harga pemesanan, apabila barang sudah dikirim maka uang tidak dikembalikan. Bagaimana dengan jaminan pelayanan ?? meskipun mereka sudah membuat baju sesuai dengan persetujuan kita kita masih dapat mengirim balik sampai batas waktu 15 hari untuk diperbaiki, kalo barang yang diterima rusak mereka akan menggantinya tanpa biaya apapun termasuk ongkos kirim... bagaimana dengan omsetnya ?? omset mereka tidak ada data yang pasti, yang jelas OnlineSuits.Com telah mengadakan pameran di 11 kota di Amerika (Februari-Maret 2006) di 4 kota besar di Inggris (April 2006), di Sydney Australia (Mei 2006) belum lagi selama 2007..!! Bisa dibayangkan omsetnya kalo suatu perusahaan sudah sering mengadakan pameran di luar negerinya sendiri.
Kisah Sukses lain dari internet bisnis adalah Joon.com, situs yang berbasis di New York Amerika ini adalah penyedia barang-barang eksklusif terutama Pena.. ya pulpen..semua pena terbaik didunia ada disini .. harganya ?? (pokoknya mahal lah, kalo cuma buat nulis pelajaran di sekolah), segmen yang mereka bidik adalah kalangan atas di amerika.. (wow..om barrack obama pake pulpen ini kayaknya) walaupun segmen yang mereka bidik adalah segmen kelas atas yang notabene tidak banyak namun omset nya.. gila bikin ngiler boo..
Lalu adakah orang Indonesia yang sukses dari Bisnis Internet...????? tunggu ya.. di edisi berikut akan dipaparkan orang-orang Indonesia (eh ada yang masih SMP loh..) yang sukses dari Bisnis Internet ini.....